Senin, 04 Februari 2013

PERBANDINGAN LEMBAGA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DAN SEKOLAH UMUM


1.     Perbedaannya
 
No
Pondok Pesantren
No
Sekolah Umum
1
Lembaga pendidikannya murni islam
1
Lembaga pendidikannya belum tentu murni islm
2
Tenaga didikannya kiyai
2
Tenaga didikannya belum tentu kiyai
3
Anak didiknya disebut santri atau santri wati
3
Anak didiknya tidak disebut santri dan santriwati tetapi siswa dan siswi
4
Kitab yang dikaji adalah kitab klasik atau kitab kuning
4
Kitab yang dikaji baukan kitab klasik atau kitab kuning, tetapi bukan buku-buku bidang studi umum disamping itu ada study agamanya
5
Materi pelajarannya 80% Agama islam sisanya materi umum
5
Materi pelajarannya 99% materu umun dan 1% materi agam itu pun satu kali dalam seminggu
6
Dilengkapi sarana praktek ibadah, yaitu masjid
6
Terkadang tidak dilengkapi sarana praktek ibadahnya seperti masjid/mushola
7
Dilengkapi sarana pemondokan atau asrama sebagai tempat tinggal pesantren didik
7
Tidak dilengkapi sarana pemondokan
8
Bertujuan menguasai ilmu agama islam secara detail, untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari  dalam hablum minallah wa hablum miannas
8
Belum tentu bertjuan menguasai ilmu agama islam secara detail
9
Dan lain lain
9
Dan lain lain
10
Karakteristik pondok pesantren/cirri-ciri umun
1.     Adanya kiyai
2.     Adanya santri
3.     Adanya masjid
4.     Adanya asrama atau pondok
10
Karakteristik sekolah/cirri-ciri umun
1.     Tidak ada kiyai
2.     Tidak adasantri
3.     Tidak ada masjid
4.     Tidak ada asrama atau pondok
11
Kurikulumnya berfokus pada ilmu-ilmu agama misalnya tafsir Al-Qur’an
1.     Tafsir Al-Hadits
2.     Nahu Shorof
3.     Fathul Mu’in
4.     Dan lain sebagainya
11
Kurikulum berfokus pada ilmu-ilmu umum
1.     PKN
2.     MATEMATIKA
3.     IPA
4.     MATEMATIKA
5.     Dan lain sebagainya
12
Ciri-ciri khusus
1.     Adanya hubungan akrab ,santri dengan kiyai
2.     Adanya kepatuhan santri terhadap kiyainya
3.     Hidup hemat dan sederhana, benar-benar diwujudkan dilingkungan pesantren
4.     Kemandirian sangat terasa  dipesantren
5.     Jiwa tolong menolong dan suasana persaudaraan sangat mewarnai pergaulan dipesantren
6.     Disiplin sangat diajukan
7.     Puasa sunah, dzikir, dan I’tikaf, solat tahajjud  adalah bentuk keprihatinan untuk mencapai tujuan muliya
8.     Santri yang berprestasi mendapat dan berhak yaitu pencantuman nama dalam satu daftar
12
Ciri-ciri khusus
1.     Kurang akrabnya siswa/i dengan tenaga didik dan kepala sekolah
2.     Kurangnya kepatuhan siswa pada gurunya
3.     Kuranya hidup hemat
4.     Tinggi sifat manja bagi siswa/i
5.     Kurangnya memiliki jiwa penolong
6.     Kurangya kedisiplinan dipraktekan
7.     Kurannya kepatuhan dalam beribadah dan lain- lain.

 
2.  Persamaannya
  
No
Pondok Pesantren
No
Sekolah Umum
1
Lembaga pendidikan yang mentransfer ilmu pengetahuan demi pendidik kepada anak didik
1
Lembaga pendidikan yang mentransfer ilmu pengetahuannya demi pendidik kepada  anak didik
2
belajar ilmu agama dan umum
2
Belajar ilmu umum dan agama
3
Membimbing anak didik agar berkepribadian yang baik bagi dirinya, masyarakat, dan bangsa
3
Membimbing anak didik agar berpribadian yang baik berguna bagi diri, keluarga satu bangsanya.

2 komentar: