Senin, 04 Februari 2013

SOAL+ JAWABAN


1.     Jelaskan dan beri tanggapan tentang strategi pembelajaran menurut para ahli
a.     Pengertian menurut para ahli
·       Hamzah B. Uno (2008:45)
Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses pembelajaran.
·       Dick dan Carey (2005:7)
Strategi pembelajaran adalah komponen-komponen dari suatu set materi termasuk aktivitas sebelum pembelajaran, dan partisipasi peserta didik yang merupakan prosedur pembelajaran yang digunakan kegiatan selanjutnya.
·       Suparman (1997:157
Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik, peralatan dan bahan, dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
b.     Tanggapan
Tanggapannya bahwa Strategi pembelajaran adalah suatu serangkaian rencana kegiatan yang termasuk didalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Strategi pembelajaran disusun untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Strategi pembelajaran didalamnya mencakup pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran secara spesifik.


2.     Kemukakan kedudukan strategi pembelajaran dalam pendidikan disertai dengan pendapat para ahli
Istilah strategi sering digunakan dalam banyak konteks dengan makna yang tidak selalu sama. Dalam konteks pengajaran, strategi diartikan sebagai pola umum tindakan guru peserta didik dalam manifestasi aktivitas pengajaran. Strategi penyampaian isi pengajaran adalah cara untuk menyampaikan pengajaran kepada siswa atau menerima serta merespon masukan yang berasal dari siswa. Untuk mengetahui kedudukan strategi pengajaran pendidikan agama Islam ada beberapa pendapat para ilmuwan mengenai hal ini. Menurut Simon bahwa kedudukan strategi pengajaran terletak pada kegiatan pengajaran. Adapun strategi pengelolaan pengajaran adalah cara untuk menata isi atau bahan serta penyampaian pengajaran atau pengajar. Berdasarkan pendapat di atas, maka kedudukan strategi pengajaran agama Islam terletak pada kegiatan proses menurut Simon dan Glasser.
3.     Kemukakan manfaat penggunaan strategi pembelajaran bagi guru dan siswa
a.     Bagi Siswa.
1.     Siswa terbiasa belajar dengan perencanaan yang disesuaikan dengan kemampuan diri sendiri
2.     Siswa memiliki pengalaman yang berbeda beda dengan temannya, meski ada juga pengalaman belajar yang sama.
3.     Siswa dapat memacu prestasi belajar berdasarkan kecepatan belajarnya sendiri secara  optimal.
4.     Terjadi persaingan yang sehat dalam mencapai hasil belajar yang efektif dan efisien.
5.     Siswa dapat mencapai kepuasan jika dapat mencapai hasil belajar sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
6.     Siswa dapat mengulang uji kompetensi ( remidial ) jika terjadi kegagalan dalam Uji kompetensi.
7.     Siswa dapat berkolaborasi dalam proses pembelajaran, sehingga menumbuhkan tanggung jawab bersama dan tanggung  jawab diri sendiri.



b.    Bagi Guru.
1.     Guru dapat mengelola proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang efektif dan efisien.
2.     Guru dapat mengontrol kemampuan siswa secara teratur.
3.     Guru dapat mengetahui bobot soal yang dipelajari siswa pada saat proses belajar mengajar dimulai.
4.     Guru dapat memberikan bimbingan kepada siswa, ketika siswa mengalami kesulitan, misalnya dengan memberikan teknik pengorganisasian materi yang dipelajari sisiwa, atau teknik belajar yang lain.
5.     Guru dapat membuat peta kemampuan siswa, sehingga dapat dipakai sebagai bahan analisis.
6.     Guru dapat melaksanakan program belajar akseleratif bagi siswa yang mampu.
4.     Kemukakan teori pendidikan tentang pentingnya strategi dalam pembelajaran
·       Teori pendidikan menurut aliran Empirisme
Aliran empirisme merupakan aliran yang mementingkan stimulasi eksternal dalam perkembangan manusia. Menurut pandangan Empirisme (enviromentalisme), pendidikan memegang peranan penting, sebab pendidikan menyediakan lingkungan yang sangat ideal kepada anak-anak. Lingkungan itu akan diterima anak sebagai sejumlah pengalaman yang telah disesuaikan dengan tujuan pendidikan.

·       Teori pendidikan menurut aliran Nativisme
Menurut teori ini anak tumbuh dan berkembang tidak dipengaruhi oleh lingkungan pendidikan baik lingkungan sekitar yang ada maupun lingkungan yang direkayasa orang dewasa yang disebut sebagai pendidikan. Oleh karena itu anak akan berkembang sesuai dengan pembawaannya bukan oleh kekuatan-kekuatan dari luar.

·       Teori pendidikan menurut aliran Naturalisme
Teori Naturalisme diungkapkan oleh seorang filsuf Prancis bernama J.J. Rousseaue. Teori ini mengatakan bahwa setiap anak yang baru lahir pada hakikatnya memiliki pembawaan baik, namun pembawaan baik itu dapat berubah sebaliknya karena dipengaruhi oleh lingkungan. Lingkungan tersebut dapat berupa lingkungan keluarga, sekolah ataupun masyarakat. Aliran ini juga dikenal sebagai aliran Negativisme.
5.     Kemukakan dua contoh strategi aktiv dalam PAI disertai dengan narasi ketika pelaksanaan dalam pembelajaran sertakan teori pendidikan apa yang melatar belakangi strategi tersebut?
Siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya, kemudian khusus bagi materi/pemateri yaitu memperagakan atau menjelaskan materi yang di sampaikan lalu peserta lainnya mendengarkan dan menulis materi yang telah dan sedang dijelaskan, lalu setelah pemateri selesai menjelaskan kemudian peserta lain member tebak kata atau Tanya jawab terhadap peserta yang mempresentasikannya, lalu kemudian peserta lain juga member kritik dan saran terhadap pemateri.
Yang melatar belakangi pembelajaran aktif adalah suatu proses pembelajaran dengan maksud untuk memberdayakan siswa agar belajar secara aktif. Dalam hal ini proses, aktivitas pembelajaran didominasi oleh siswa dengan menggunakan otak untuk menemukan konsep dan memecahkan masalah yang sedang dipelajari, disamping itu juga untuk menyiapkan mental dan melatih keterampilan fisiknya, melalui berbagai gaya belajarnya.













Referensi
Azra, Azzumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Jakarta: Logos, 1999
Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jakarta: Misaka Galiza, 2003
http://alfaptfu.blogspot.com/2012/01/manfaat-strategi-pembelajaran-ptfu.html

1 komentar: