Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlaq
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Meningkatkan keimanan
kepada malaikat-malaika Allah dan
mahluk goib selain malaikat.
Kompetensi Dasar :
1.1. Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah swt dan mahluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan syetan.
1.1. Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah swt dan mahluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan syetan.
1.2 Menunjukan bukti/dalil kebenaran adanya
malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin,
iblis, dan syetan.
1.3
Menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan syetan.
1.4
Menerapkan perilaku beriman kepada
malaikat Allah
dan makhluk gaib lainnya seperti
jin, iblis, dan syetan
dalam fenomena kehidupan.
Indikator :
2.2 Setelah mempelajari materi ini peserta didik dapat
2.2 Setelah mempelajari materi ini peserta didik dapat
·
Menyebutkan
dan menjelaskan makhluk gaib selain malaikat
·
Menyebutkan
dalil tentang makhluk gaib selain malaikat
Alokasi Waktu : 4
(empat) jam pelajaran dalam 2x pertemuan
A. Tujuan
Pembelajaran
a.
Melalui
diskusi dengan menghargai pendapat temannya, peserta didik dapat menjelaskan
kandungan Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Ad-Dzariyat ayat 56
b.
Melalui
diskusi dengan menghargai pendapat temannya, peserta didik dapat menjelaskan
perilaku oang yang mengamalkan Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Ad-Dzariyat ayat
56
c.
Melalui
diskusi dengan menghargai pendapat temannya, peserta didik dapat menjelaskan
perbedaan jin, iblis, dan syetan pada Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariiyat
ayat 56
B. Materi
Pembelajaran
1.
Q.S Al-Jin ayat 26-27
Artinya:
26. (Dia adalah Tuhan) yang mengetahui yang
ghaib, Maka dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu.
27. Kecuali kepada Rasul yang diridhai-Nya, Maka
Sesungguhnya dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di
belakangnya.
2.
Q.S Adz-Dzariyat ayat 56
Artinya:
Dan Aku tidak
menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
C. Metode
Facilitation and Explaining
D. Langkah-Langkah
Pertemuan pertama tatap muka (TM)
a. Pendahuluan
10 mmnit
Apresiasi
: menyampaikan informasi tentang KD dan tujuan.
Mengkaitkan
pengalaman peserta didik tentang materi Q.S Al-Jin ayat 26-27.
Membentuk
kelompok.
b. Kegiatan
Inti (55 menit)
1. Eksplorasi
Peserta
didik menelaah tentang Q.S Al-Jin ayat
26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56 melalui buku paket secara mandiri
Peserta
didik menelaah tentang Q.S Al-Jin ayat
26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56 bersama artinya melalui buku paket secara
mandiri.
2. Elaborasi.
Secara
berkelompok, Peserta didik berdiskusi
tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56 yaitu tentang
perilaku orang beriman kepada makhluk gaib.
Secara
berkelompok, peserta didik berdiskusi
tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56 yaitu tentang
perilaku orang beriman dengan yang gaib dan pula orang yang mengingkarinya.
3. Konfirmasi
Salah
satu kelompok mempresentasian hasil diskusi tentang pengertian dan hukum
beriman kepada makhluk gaib dengan percaya diri dan kelompok lain memberi
tanggapan.
Guru
memberi penjelasan terhadap hasil diskusi perkelompok dan melengkapi hasil
diskusi peserta didik.
c. Penutup
(5 menit)
Peserta
didik menyimpulkan kan semua hasil diskusi dan guru memberi tugas.
PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT)
KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR (KMTT)
Pertemuan kedua Tatap Muka (TM)
a.
Pendahuluan (10 menit)
Apresiasi : menyampaikan informasi tentang KD dan
tujuan mengkaitkan pengalaman Peserta didik tentang materi Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S
Adz-Dzariyat ayat 56.
Membentuk kelompok
b.
Kegiatan Inti (55 menit)
1.
Eksplorasi
Peserta didik menelaah tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S
Adz-Dzariyat ayat 56 melalui buku paket secara mandiri
Peserta didik menelaah tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S
Adz-Dzariyat ayat 56 bersama artinya melalui buku paket secara mandiri.
2.
Elaborasi.
Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S
Adz-Dzariyat ayat 56 yaitu tentang perilaku orang beriman kepada makhluk gaib.
Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S
Adz-Dzariyat ayat 56 yaitu tentang perilaku orang beriman dengan yang gaib dan
pula orang yang mengingkarinya.
3.
Konfirmasi
Salah satu kelompok mempresentasian hasil diskusi
tentang pengertian dan hukum beriman kepada makhluk gaib dengan percaya diri
dan kelompok lain memberi tanggapan dan guru memberi penjelasan terhadap hasil
diskusi perkelompok dan melengkapi hasil diskusi peserta didik.
c.
Penutup (5 menit)
Peserta didik menyiapkan semua hasil
diskusi dan guru memberi tugas.
A. Sumber
dan media pembelajaran
Buku panduan
B. Penilaian
Indikator
|
Tekhnik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
instrumen
|
Peserta
didik dapat mnjelaskan nama-nama makhluk gaib
1. Yang selalu beriman
2. Yang keimannya naik turun
3. Yang membujuk manusia untuk melanggar hukum-hukum
Allah
4. Yang membujuk manusia agar berbuat jahat.
|
Tes
lisan
Tes
tertulis
|
Uraian
|
Jelaskanlah
nama-nama makhluk gaib
1. Yang selalu beriman kepada Allah
2. Yang keimanannya terhadap Allah terkadang naik dan
terkadang turun.
3. Yang selalu membujuk manusia supaya manusia
melanggar hukum-hukum Allah.
4. Yang membujuk manusia agar berbuat jahat
|
Bandar
Lampung, 2013
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Juhaiti Yusuf
M.Ag Kelompok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar