Satuan pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata
Pelajaran :
Al-Qur’an Hadits
Kelas/
semester :
XI/I
Standar Kopetensi :1.
Membaca Ayat-Ayat Al-Qur’an
Surat Ar-Rum Tentang
Perintah
Menjaga Keleatarian
Lingkungan Hidup.
Kopetensi Dasar : 2.1 Mengartikan Q.S Ar-Rum Ayat 41-42
2.2 Menjelaskan kandungan Q.S Ar-Rum ayat 41-41
2.3 Menunjukan prilaku orang yang mengamalkan Q.S Ar-Rum : 41-42
2.4 Menerapkan prilaku
menjaga kelestarian lingkungan Hidup
sebagaimana
terkandung dalam Q.S Ar-Rum Ayat 41-42
Indikator : 3. Setelah menpelajari materi ini anak didik
dapat
~ Membaca dan mengartikan Q.S Ar-Rum ayat
41-42
~ Menjelaskan kandungan Q.S Ar-Rum ayat
41-42
~
Menunjukan prilaku orang
yang mengamalkan Q.S Ar-Rum 41-42
~
Menerapkan perilaku
menjaga kelestarian lingkungan
hidup,
Q.S Ar-Rum
ayat 41-42
Alokasi Waktu : 4. Empat jam pelajaran (2x
pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi dengan
menghargai pendapat temannya, siswa dapat menjelaskan kandungan Q.S Ar-Rum ayat
41-42
Melalui diskusi dengan
menghargai pendapat temannya, siswa dapat menjelaskan perilaku orang yang
mengamalkan Q.S Ar-Rum ayat 41-42
Melalui demonstrasi
siswa dapat menerapkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup Q.S Ar-Rum
ayat 41-42
B.
MATERI PEMBELAJARAN
Q.S
Ar-Rum ayat 41-42
Artinya :
41.
Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan Karena perbuatan tangan
manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan
mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
42.
Katakanlah: "Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah
bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu
adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)."
C. METODE PEMBELAJARAN
Kepala
bernomor struktur (Modifikasi dari
number Heads)
D. LANGKAH-LANGKAH
Pertemuan
Pertama Tatap Muka (TM)
a.
Pendahuluan
10 menit
Apresiasi
: menyampaikan informasi tentang KD
dan tujuan mengaitkan pengalaman siswa dengan materi Q.S
Ar-Rum ayat 41-42.
Membentuk
kelompok.
b.
Kegiatan inti (55 menit)
1. Eksplorasi
Siswa
menelaah tentang Q.S Ar-Rum ayat 41-42
melalui buku aket secara mandiri.
Siswa
menelaah tentang Q.S Ar-Rum ayat 41-42
bersama artinya buku aket secara mandiri.
2. Elaborasi
Secara berkelompok siswa berdiskusi tentang Q.S
Ar-Rum ayat 41-42 yaitu pererilaku orang yang menjaga kelestarian lingkungan
hdup.
Secara berkelompok siswa berdiskusi tentang hukum orang
yang melestarikan lingkungan hidup dan juga orang yang merusaknya.
3. Konfirmasi
Salah
satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian dan hukum
melestarikan lingkungan dengan percaya diri dan kolompok lain memberi
tanggapan, guru emberi penguatan terhadap hasil diskusi kelomok dan melengkapi
hasil diskusi siswa.
c. Penutup
(5 menit)
Siswa bersama guru menyimpulkan
semua hasil diskusi, dan guru memberi tugas.
PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT)
KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR (KMTT)
Pertemuan Kedua Tatap
Muka (TM)
a. Pendahuluan
(10 menit)
Apresiasi
: menyampaikan informasi tentang KD dan tujuan pembelajaran mengaitkan
pengalaman siswa dengan materi Q.S Ar-Rum ayat 41-42.
Membentuk kelompok.
b. Kegiatan inti (55 menit)
1.
Eksplorasi
Siswa menelaah tentang
Q.S Ar-Rum ayat 41-42 melalui buku
aket secara mandiri.
Siswa menelaah
tentang Q.S Ar-Rum ayat 41-42
bersama artinya buku aket secara mandiri.
2.
Elaborasi
Secara
berkelompok siswa berdiskusi tentang kandungan Q.S Ar-Rum ayat 41-42 pererilaku orang yang menjaga kelestarian
lingkungan hdup.
Secara
berkelompok siswa berdiskusi tentang hukum orang yang melestarikan lingkungan
hidup dan juga orang yang merusaknya.
4. Konfirmasi
Salah satu kelompok mempresentasikan
hasil diskusi tentang pengertian dan hukum melestarikan lingkungan dengan
percaya diri dan kolompok lain memberi tanggapan, guru emberi penguatan
terhadap hasil diskusi kelomok dan melengkapi hasil diskusi siswa.
d.
Penutup (5 menit)
Siswa bersama
guru menyimpulkan semua hasil diskusi, dan guru memberi tugas.
A.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Buku
paket
B.
Penilaian
Indicator
|
Tehnik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrument
|
1.
Menulis Q.S Ar-Rum ayat 41
2.
Menterjemahkan Q.S Ar-Rum ayat 41
3.
Membacakan Q.S Ar-Rum ayat 41
|
-
Tes lisan
-
Tes tertulis
|
Uraian
|
1.
Tulislah Q.S Ar-Rum ayat 41
2.
Terjemahkanlah Q.S Ar-Rum ayat 41
3.
bacakanlah Q.S Ar-Rum ayat 41
|
4.
Menulis Q.S Ar-Rum ayat 42
5.
Menterjemahkan Q.S Ar-Rum ayat 42
6.
Membacakan Q.S Ar-Rum ayat 42.
|
|
|
4.
Tulislah Q.S Ar-Rum ayat 42
5.
Terjemahkanlah Q.S Ar-Rum ayat 42
6.
bacakanlah Q.S Ar-Rum ayat 42
|
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar