1.
Perbedaannya
No
|
Pondok
Pesantren
|
No
|
Sekolah
Umum
|
1
|
Lembaga pendidikannya murni
islam
|
1
|
Lembaga pendidikannya belum
tentu murni islm
|
2
|
Tenaga didikannya kiyai
|
2
|
Tenaga didikannya belum tentu
kiyai
|
3
|
Anak didiknya disebut santri atau
santri wati
|
3
|
Anak didiknya tidak disebut
santri dan santriwati tetapi siswa dan siswi
|
4
|
Kitab yang dikaji adalah kitab klasik atau kitab
kuning
|
4
|
Kitab yang dikaji baukan kitab
klasik atau kitab kuning, tetapi bukan buku-buku bidang studi umum disamping
itu ada study agamanya
|
5
|
Materi pelajarannya 80% Agama
islam sisanya materi umum
|
5
|
Materi pelajarannya 99% materu
umun dan 1% materi agam itu pun satu kali dalam seminggu
|
6
|
Dilengkapi sarana praktek
ibadah, yaitu masjid
|
6
|
Terkadang tidak dilengkapi
sarana praktek ibadahnya seperti masjid/mushola
|
7
|
Dilengkapi sarana pemondokan
atau asrama sebagai tempat tinggal pesantren didik
|
7
|
Tidak dilengkapi sarana
pemondokan
|
8
|
Bertujuan menguasai ilmu agama
islam secara detail, untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam hablum minallah wa hablum miannas
|
8
|
Belum tentu bertjuan menguasai
ilmu agama islam secara detail
|
9
|
Dan lain lain
|
9
|
Dan lain lain
|
10
|
Karakteristik pondok
pesantren/cirri-ciri umun
1. Adanya
kiyai
2. Adanya
santri
3. Adanya
masjid
4. Adanya
asrama atau pondok
|
10
|
Karakteristik
sekolah/cirri-ciri umun
1. Tidak
ada kiyai
2. Tidak
adasantri
3. Tidak
ada masjid
4. Tidak
ada asrama atau pondok
|
11
|
Kurikulumnya berfokus pada ilmu-ilmu agama
misalnya tafsir Al-Qur’an
1. Tafsir
Al-Hadits
2. Nahu
Shorof
3. Fathul
Mu’in
4. Dan
lain sebagainya
|
11
|
Kurikulum berfokus pada
ilmu-ilmu umum
1. PKN
2. MATEMATIKA
3. IPA
4. MATEMATIKA
5. Dan
lain sebagainya
|
12
|
Ciri-ciri khusus
1. Adanya
hubungan akrab ,santri dengan kiyai
2. Adanya
kepatuhan santri terhadap kiyainya
3. Hidup
hemat dan sederhana, benar-benar diwujudkan dilingkungan pesantren
4. Kemandirian
sangat terasa dipesantren
5. Jiwa
tolong menolong dan suasana persaudaraan sangat mewarnai pergaulan
dipesantren
6. Disiplin
sangat diajukan
7. Puasa
sunah, dzikir, dan I’tikaf, solat tahajjud
adalah bentuk keprihatinan untuk mencapai tujuan muliya
8. Santri
yang berprestasi mendapat dan berhak yaitu pencantuman nama dalam satu daftar
|
12
|
Ciri-ciri khusus
1. Kurang
akrabnya siswa/i dengan tenaga didik dan kepala sekolah
2. Kurangnya
kepatuhan siswa pada gurunya
3. Kuranya
hidup hemat
4. Tinggi
sifat manja bagi siswa/i
5. Kurangnya
memiliki jiwa penolong
6. Kurangya
kedisiplinan dipraktekan
7. Kurannya
kepatuhan dalam beribadah dan lain- lain.
|
2.
Persamaannya
No
|
Pondok
Pesantren
|
No
|
Sekolah
Umum
|
1
|
Lembaga pendidikan yang
mentransfer ilmu pengetahuan demi pendidik kepada anak didik
|
1
|
Lembaga pendidikan yang
mentransfer ilmu pengetahuannya demi pendidik kepada anak didik
|
2
|
belajar ilmu agama dan umum
|
2
|
Belajar ilmu umum dan agama
|
3
|
Membimbing anak didik agar
berkepribadian yang baik bagi dirinya, masyarakat, dan bangsa
|
3
|
Membimbing anak didik agar
berpribadian yang baik berguna bagi diri, keluarga satu bangsanya.
|
assalamualaikum bagus postingannya! Terimakasih
BalasHapusterimakasih postingannya bagus!
BalasHapus