1. Jelaskan dan beri tanggapan tentang strategi pembelajaran menurut para ahli
a.
Pengertian
menurut para ahli
· Hamzah B. Uno (2008:45)
Strategi
pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses
pembelajaran.
·
Dick
dan Carey (2005:7)
Strategi
pembelajaran adalah komponen-komponen dari suatu set materi termasuk aktivitas
sebelum pembelajaran, dan partisipasi peserta didik yang merupakan prosedur
pembelajaran yang digunakan kegiatan selanjutnya.
· Suparman (1997:157
Strategi
pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi
pelajaran peserta didik, peralatan dan bahan, dan waktu yang digunakan dalam
proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
b.
Tanggapan
Tanggapannya
bahwa Strategi pembelajaran adalah suatu serangkaian rencana kegiatan yang
termasuk didalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau
kekuatan dalam suatu pembelajaran. Strategi pembelajaran disusun untuk mencapai
suatu tujuan tertentu. Strategi pembelajaran didalamnya mencakup pendekatan,
model, metode dan teknik pembelajaran secara spesifik.
2.
Kemukakan kedudukan strategi
pembelajaran dalam pendidikan disertai dengan pendapat para ahli
Istilah strategi sering digunakan
dalam banyak konteks dengan makna yang tidak selalu sama. Dalam konteks
pengajaran, strategi diartikan sebagai pola umum tindakan guru peserta didik
dalam manifestasi aktivitas pengajaran. Strategi penyampaian isi pengajaran
adalah cara untuk menyampaikan pengajaran kepada siswa atau menerima serta
merespon masukan yang berasal dari siswa. Untuk mengetahui kedudukan strategi
pengajaran pendidikan agama Islam ada beberapa pendapat para ilmuwan mengenai
hal ini. Menurut
Simon bahwa kedudukan strategi
pengajaran terletak pada kegiatan pengajaran. Adapun strategi pengelolaan
pengajaran adalah cara untuk menata isi atau bahan serta penyampaian pengajaran
atau pengajar. Berdasarkan pendapat di atas, maka kedudukan strategi pengajaran
agama Islam terletak pada kegiatan proses menurut Simon dan Glasser.
3.
Kemukakan manfaat penggunaan
strategi pembelajaran bagi guru dan siswa
a.
Bagi Siswa.
1. Siswa terbiasa belajar dengan perencanaan yang disesuaikan dengan
kemampuan diri sendiri
2. Siswa memiliki pengalaman yang berbeda beda dengan temannya, meski ada
juga pengalaman belajar yang sama.
3. Siswa dapat memacu prestasi belajar berdasarkan kecepatan belajarnya
sendiri secara optimal.
4. Terjadi persaingan yang sehat dalam mencapai hasil belajar yang efektif
dan efisien.
5. Siswa dapat mencapai kepuasan jika dapat mencapai hasil belajar sesuai
dengan target yang telah ditetapkan.
6. Siswa dapat mengulang uji kompetensi ( remidial ) jika terjadi kegagalan
dalam Uji kompetensi.
7. Siswa dapat berkolaborasi dalam proses pembelajaran, sehingga
menumbuhkan tanggung jawab bersama dan tanggung
jawab diri sendiri.
b.
Bagi Guru.
1. Guru dapat mengelola proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang
efektif dan efisien.
2. Guru dapat mengontrol kemampuan siswa secara teratur.
3. Guru dapat mengetahui bobot soal yang dipelajari siswa pada saat proses
belajar mengajar dimulai.
4. Guru dapat memberikan bimbingan kepada siswa, ketika siswa mengalami
kesulitan, misalnya dengan memberikan teknik pengorganisasian materi yang
dipelajari sisiwa, atau teknik belajar yang lain.
5. Guru dapat membuat peta kemampuan siswa, sehingga dapat dipakai sebagai
bahan analisis.
6. Guru dapat melaksanakan program belajar akseleratif bagi siswa yang
mampu.
4. Kemukakan
teori pendidikan tentang pentingnya strategi dalam pembelajaran
·
Teori pendidikan menurut aliran Empirisme
Aliran empirisme merupakan aliran
yang mementingkan stimulasi eksternal dalam perkembangan manusia. Menurut
pandangan Empirisme (enviromentalisme), pendidikan memegang peranan penting,
sebab pendidikan menyediakan lingkungan yang sangat ideal kepada anak-anak.
Lingkungan itu akan diterima anak sebagai sejumlah pengalaman yang telah
disesuaikan dengan tujuan pendidikan.
· Teori pendidikan menurut aliran Nativisme
Menurut
teori ini anak tumbuh dan berkembang tidak dipengaruhi oleh lingkungan
pendidikan baik lingkungan sekitar yang ada maupun lingkungan yang direkayasa
orang dewasa yang disebut sebagai pendidikan. Oleh karena itu anak akan
berkembang sesuai dengan pembawaannya bukan oleh kekuatan-kekuatan dari luar.
· Teori pendidikan menurut aliran Naturalisme
Teori
Naturalisme diungkapkan oleh seorang filsuf Prancis bernama J.J. Rousseaue.
Teori ini mengatakan bahwa setiap anak yang baru lahir pada hakikatnya memiliki
pembawaan baik, namun pembawaan baik itu dapat berubah sebaliknya karena
dipengaruhi oleh lingkungan. Lingkungan tersebut dapat berupa lingkungan
keluarga, sekolah ataupun masyarakat. Aliran ini juga dikenal sebagai aliran
Negativisme.
5.
Kemukakan dua contoh strategi aktiv dalam PAI disertai
dengan narasi ketika pelaksanaan dalam pembelajaran sertakan teori pendidikan
apa yang melatar belakangi strategi tersebut?
Siswa mempresentasikan ide/pendapat
pada rekan peserta lainnya, kemudian khusus bagi materi/pemateri yaitu
memperagakan atau menjelaskan materi yang di sampaikan lalu peserta lainnya
mendengarkan dan menulis materi yang telah dan sedang dijelaskan, lalu setelah
pemateri selesai menjelaskan kemudian peserta lain member tebak kata atau Tanya
jawab terhadap peserta yang mempresentasikannya, lalu kemudian peserta lain
juga member kritik dan saran terhadap pemateri.
Yang melatar belakangi pembelajaran
aktif adalah suatu proses pembelajaran dengan maksud untuk memberdayakan siswa
agar belajar secara aktif. Dalam hal ini proses, aktivitas pembelajaran
didominasi oleh siswa dengan menggunakan otak untuk menemukan konsep dan
memecahkan masalah yang sedang dipelajari, disamping itu juga untuk menyiapkan
mental dan melatih keterampilan fisiknya, melalui berbagai gaya belajarnya.
Referensi
Azra, Azzumardi. Pendidikan
Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Jakarta: Logos, 1999
Mukhtar, Desain
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jakarta: Misaka Galiza, 2003
http://alfaptfu.blogspot.com/2012/01/manfaat-strategi-pembelajaran-ptfu.html
terimakasih!
BalasHapusftop