Jumat, 07 Maret 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan      : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran            : Aqidah Akhlaq
Kelas/Semester            : VII/II
Standar Kompetensi : Meningkatkan   keimanan   kepada   malaikat-malaika  Allah dan mahluk goib selain malaikat.
Kompetensi Dasar    
1.1. Menjelaskan   pengertian    iman  kepada    malaikat    Allah    swt dan mahluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan syetan.
1.2  Menunjukan bukti/dalil  kebenaran   adanya  malaikat   Allah   dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan syetan.
1.3  Menjelaskan  tugas,  dan sifat-sifat  malaikat Allah serta   makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan syetan.
 1.4  Menerapkan     perilaku    beriman   kepada   malaikat   Allah   dan makhluk    gaib    lainnya seperti   jin,  iblis, dan  syetan   dalam  fenomena kehidupan.
Indikator                   
2.2  Setelah mempelajari materi ini peserta didik dapat
·         Menyebutkan dan menjelaskan makhluk gaib selain  malaikat
·         Menyebutkan dalil tentang makhluk gaib selain malaikat
Alokasi Waktu           : 4 (empat) jam pelajaran dalam 2x pertemuan
A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Melalui diskusi dengan menghargai pendapat temannya, peserta didik dapat menjelaskan kandungan Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Ad-Dzariyat ayat 56
b.      Melalui diskusi dengan menghargai pendapat temannya, peserta didik dapat menjelaskan perilaku oang yang mengamalkan Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Ad-Dzariyat ayat 56
c.       Melalui diskusi dengan menghargai pendapat temannya, peserta didik dapat menjelaskan perbedaan jin, iblis, dan syetan pada Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariiyat ayat 56
B.     Materi Pembelajaran
1.      Q.S Al-Jin ayat 26-27
Artinya:
26.  (Dia adalah Tuhan) yang mengetahui yang ghaib, Maka dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu.
27.  Kecuali kepada Rasul yang diridhai-Nya, Maka Sesungguhnya dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya.

2.      Q.S Adz-Dzariyat ayat 56

Artinya:
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

C.    Metode Facilitation and Explaining
D.    Langkah-Langkah
      Pertemuan pertama tatap muka (TM)
a.      Pendahuluan 10 mmnit
Apresiasi : menyampaikan informasi tentang KD dan tujuan.
Mengkaitkan pengalaman peserta didik tentang materi Q.S Al-Jin ayat 26-27.
Membentuk kelompok.
b.      Kegiatan Inti (55 menit)
1.    Eksplorasi
Peserta didik  menelaah tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56 melalui buku paket secara mandiri
Peserta didik  menelaah tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56 bersama artinya melalui buku paket secara mandiri.
2.      Elaborasi.
Secara berkelompok, Peserta didik  berdiskusi tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56 yaitu tentang perilaku orang beriman kepada makhluk gaib.
Secara berkelompok, peserta didik  berdiskusi tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56 yaitu tentang perilaku orang beriman dengan yang gaib dan pula orang yang mengingkarinya.
3.      Konfirmasi
Salah satu kelompok mempresentasian hasil diskusi tentang pengertian dan hukum beriman kepada makhluk gaib dengan percaya diri dan kelompok lain memberi tanggapan.
Guru memberi penjelasan terhadap hasil diskusi perkelompok dan melengkapi hasil diskusi peserta didik.
c.       Penutup (5 menit)
Peserta didik menyimpulkan kan semua hasil diskusi dan guru memberi tugas.



PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT)
KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR (KMTT)
Pertemuan kedua Tatap Muka (TM)
a.    Pendahuluan (10 menit)
Apresiasi : menyampaikan informasi tentang KD dan tujuan mengkaitkan pengalaman Peserta didik  tentang materi Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56.
     Membentuk kelompok
b.   Kegiatan Inti (55 menit)
1.      Eksplorasi
Peserta didik  menelaah tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56 melalui buku paket secara mandiri
Peserta didik  menelaah tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56 bersama artinya melalui buku paket secara mandiri.
2.      Elaborasi.
Secara berkelompok, peserta didik  berdiskusi tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56 yaitu tentang perilaku orang beriman kepada makhluk gaib.
Secara berkelompok, peserta didik  berdiskusi tentang Q.S Al-Jin ayat 26-27 dan Q.S Adz-Dzariyat ayat 56 yaitu tentang perilaku orang beriman dengan yang gaib dan pula orang yang mengingkarinya.
3.      Konfirmasi
Salah satu kelompok mempresentasian hasil diskusi tentang pengertian dan hukum beriman kepada makhluk gaib dengan percaya diri dan kelompok lain memberi tanggapan dan guru memberi penjelasan terhadap hasil diskusi perkelompok dan melengkapi hasil diskusi peserta didik.
c.    Penutup (5 menit)
     Peserta didik menyiapkan semua hasil diskusi dan guru memberi tugas.

A.  Sumber dan media pembelajaran
Buku panduan
B.  Penilaian

Indikator
Tekhnik penilaian
Bentuk instrumen
instrumen
Peserta didik dapat mnjelaskan nama-nama makhluk gaib
1.    Yang selalu beriman
2.    Yang keimannya naik turun
3.    Yang membujuk manusia untuk melanggar hukum-hukum Allah
4.    Yang membujuk manusia agar berbuat jahat.
Tes lisan
Tes tertulis
Uraian
Jelaskanlah nama-nama makhluk gaib
1.     Yang selalu beriman kepada Allah
2.    Yang keimanannya terhadap Allah terkadang naik dan terkadang turun.
3.    Yang selalu membujuk manusia supaya manusia melanggar hukum-hukum Allah.
4.    Yang membujuk manusia agar berbuat jahat


                                                                 Bandar Lampung,               2013
Mengetahui                                                Guru Mata Pelajaran



Juhaiti Yusuf M.Ag                                     Kelompok



Tidak ada komentar:

Posting Komentar